Looking For Anything Specific?

ads header

Backpacker ke Bali 2021 dari Bandung (Biaya, Makanan & Tips) Paling Murah

Backpacker ke Bali 2018


Updated: Agustus 2020 - Semua harga masih sama, waktu keberangkatan kereta berbeda, untuk waktu keberangkatan kereta silakan cek di kai.id


Hello guys gue Aldisaw ingin membagikan kisah mengenai backpacker ke Bali tahun 2020. Pada tanggal 25 agustus sampai - 1 september ane backpacker dari Bandung - Yogyakarta - Bali - Surabaya - Bandung tapi ini bukan liburan tetapi backpacker :D wah emang beda ya ? kalo menurut ane sih beda...


Backpacker adalah perjalanan ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang yang memberatkan atau membawa koper. Adapun barang bawaan hanya berupa tas yang digendong, pakaian secukupnya, dan perlengkapan lain yang dianggap perlu. (Wikipedia)

Nah beda dengan liburan. yang hanya mempunyai tujuan refreshing, mengisi waktu dsb tanpa harus 'ribet' ini itu, dan poin utamanya itu 'liburan' hingga membuat anda senang.
Tetapi menurut ane sendiri Backpacker tujuan utamanya bukan liburan, tapi mencari pengalaman dan menikmati perjalanannya, liburan hanyalah bonus bagi backapacker hehe

Langsung saja ke topik utamanya, disini ane akan cerita tentang backpacker ane ke bali tentu saja bersama tips n trick nya bagi yang mau coba hehehe, tetapi sebelumnya di kisah ini ane akan membaginya dalam beberapa segmen, kenapa ? karna ceritanya agar lebih detail dan mudah dipahami bagi pembaca.



Berawal dari becanda hingga rencana
Berawal dari ane becanda saat kuliah ngajak teman ane si bokir ke bali dan dia pun membalas becanda ane dengan menyanggupinya hahaha namanya juga becanda, dan datanglah libur semesteran, bosan libur 3 bulan dan akhirnya ane berniat untuk menjadikan becanda itu menjadi rencana yang serius tapi awal mulanya ane ga begitu yakin dengan rencana backpacker ke bali ini karena banyak trouble saat ane menyusun rencana ini, masalah utamanya adalah waktu... ane yang nganggur 3 bulan harus mencocokan waktu dengan bokir yang mengikuti semester pendek di kampus. Bokir selesai SP pada tanggal 24 Agustus sore, dan jadwal kereta tidak memungkinkan tanggal 24 karena terlalu mepet, sehingga deal lah kita mengambil tanggal 25 Agustus 2017 via jalur darat.

Persiapan
Dengan persiapan H-14 atau 2 minggu sebelum berangkat, kenapa persiapan dan pembelian tiket mepet ? karena untuk memastikan tanggal segitu kosong membutuhkan waktu, kalau mesen tiket jauh jauh hari takutnya tanggal yang sudah ditentukan ada agenda kampus yang penting gimana ?karena sebentar lagi masuk kampus dan si bokir baru beres SP takutnya ada trouble again, fikir lah panjang untuk menentukan waktu....  tahap ke 2 - ane izin kepada orang tua, dan orang tua ane pun memberi lampu hijau. Horeeeee we ready for journey!!!
Tahap ke 3 - tahap ini yang membutuhkan otak extra karna kalo planning meleset semuanya berubah, dan kali ini ane sendiri yang merancang planningnya
Planning yang harus diperhatikan


  • Kereta pergi pada jam.... sampai tujuan jam ....
  • Transit di kota ....
  • Lanjut naik kereta pada jam ... sampai tujuan jam...
  • Naik kapal penyebrangan jam .... sampai jam...
  • Naik bus sampai terminal jam....
  • Bagaimana efektifnya dari terminal sampai ke hotel ?
Ga cuma itu, yang harus diperhatikan juga adalah di mana tempat tinggal selama di bali?, di mana dan jam berapa motor sewa akan diantar/dijemput ? dll

btw ane beli tiket di https://kai.id/

Barang bawaan
Bawa lah barang paling efektif, dengan tas 60L ini ane masih nyisa banyak space kosong untuk di isi tapi apa yang harus di isi lagi ? semua sudah ane bawa dalam satu tas
List barang bawaan ane ada di postingan ini  atau bisa kalian cari di postingan ane di blog ini hehe
Kenapa ane pisah ga di tulis disini ? karena ane membuat list dengan plus minus dan barang optional yang harus dibawa dan ga wajib dibawa hehehe, jadi barang bawaan itu fleksibel tergantung kondisi yang ada, jadi jangan asal bawa ya teman-teman :D


DAY 1 - Hari Keberangkatan
Waktu pukul 15.00 WIB dirumah ane udah ada si bokir yang siap pergi ke Stasiun Kiaracondong, sambil merapihkan barang bawaan ane inget-inget mungkin ada barang yang tertinggal

Pukul 16.00 WIB ane mesen GRAB dari rumah ane dengan tujuan Stasiun Kiaracondong dengan menggunakan Voucher  IDMAP  itu adalah voucher gratis 75k untuk order pertama kali hehehe, ya lumayan lah total dari rumah ke Stasiun 39k, diperjalanan Bandung lagi macet-macetnya biasa lah jam pulang kantor maka dari itu ane ngasih tip ke sopirnya karena kasian udah order pake voucher, macet, jauh pula hahahaha



Backpacker ke Bali 2018


Pukul 17.00 Ane udah nyampe di stasiun beli minum lah dulu di Alf* express untuk amunisi selama di kereta setelah itu kita akan masuk ke Jalur dan ID Check terlebih dahulu

Pukul 18.10 Kereta Meluncur dengan tujuan Lempuyangan (Yogya). 

ane nikmati selama perjalanan, bertegur sapa dengan penumpang lainnya, tak lupa menikmati ngantuk melanda ini huhuhu


Pukul 02.40 WIB ane sampai di Stasiun Lempuyangan Yogya, Wah jam segini enaknya makan Indomie rebus, dan ane nyari warkop di sekitar sana dan ketemu lah di dekat pertigaan(keluar stasiun belok kanan hingga ada pertigaan), disana banyak ojek onlen nangkring juga hehe pesen dulu indomie + kopi biar ga ngantuk coy!


DAY 2 - Transit
Pukul 03.30 WIB perut udah kenyang mata udah cenghar ceuk urang sunda mah terpikirlah kami untuk ke Malioboro, ya betul.... Belum ke Yogya kalo ga ke Malioboro
Pesan lah grab dan ternyata DEKAT!!!! dari Jl Hayam wuruk ( warkop tadi) ke Malioboro cuma 9k, 5 menit pula kita langsung sampai hehehe


Backpacker ke Bali 2018
sedang sepi-sepinya
Yang ada hanya lampu-lampu yang menerangi jalan, kios kios berbalut terpal yang menjadi saksi bisu kami, sambil menunggu rembulan berganti shift dengan matahari kita duduk-duduk di Malioboro,
Malioboro sangat beda dengan terakhir kali ane kesini, sudah makin rapi dan tertata baik, ya kalo di bandung mah udah kaya Asia Afrika trotoarnya

Pukul 06.00 kami harus balik lagi karna kereta berangkat jam 7, mesen grab 9k lagi dan kami sampai di pertigaan tadi lagi hehehe, setelah kami ada di depan lempuyangan kami beli makan dulu buat selama diperjalanan, ya setiap orang beli 2 porsi dibungkus total 18k lah yang penting nasinya banyak karena selama perjalanan Lempuyangan - Banyuwangi baru menghabiskan 14 Jam alias kita makan siang dan sore di kereta.

Backpacker ke Bali 2018


Pukul 07.00 kita sudah meluncur ke Banyuwangi baru wussssssss..... Tapi bedanya kali ini yang naik kereta bukan orang lokal saja banyak juga bule bule backpacker wow sempat juga ngobrol sama bule nanyain gerbong

Bule : "Excuse me, this is right in here ?" *sambil ngeliatin tiket
Ane : "Yes right, this is two" *gatau bahasa inggrisnya gerbong
Bule : "Thank you"
Ane : "Yes"
Ane : " You're Welcome"

Itulah perbincangan pertama ane dengan bule selama perjalanan ini hahahaha



Ya ane agak sedikit kaget waktu itu, mau ke WC malah ditodong nanya gerbong, tapi selanjutnya allhamdulillah ane lancar kalo ditanya basa inglis, ya itupun kalo ngomongnya ga cepet kaya eminem
Selama diperjalanan silih berganti teman duduk sebangku dan akhirnya ada anak gunung juga yang umurnya sebaya sebangku sama kita, pada waktu itu kita ngobrol aja ya karna sebaya kan enak ngobrol nya ga canggung dan punya tujuan sama... Banyuwangi baru
Backpacker ke Bali 2018
tuh depan ane banyak bule



Pukul 20.50 Ane sampai di Stasiun banyuwangi baru ya kali ini ane ada di ujung pulau jawa


Cari ganjel perut di luar stasiun, ternyata di luar rame lagi pada nobar Semi Final Sea Games, Indonesia VS Malaysia, ya ane hampir lupa kalau saat ini ada Big Match
Cari lah tempat yang nobarnya ga terlalu berisik dan nikmat buat sekedar ngopi dan ketemulah warung di sebelah kanan setelah keluar stasiun banyuwangi baru

Backpacker ke Bali 2018
Bertemu teman Backpacker lainnya

Ya disana udah ada teman - teman backpacker lainnya yang akan pulang dari trip Jakarta-Lombok
wow kakak kakak ini lagi menunggu kereta nanti subuh untuk kembali ke jakarta, ya disana kami hampir bersepuluh orang nobar timnas, tetapi hasil kurang memuaskan dan Indonesia gagal lolos ke final

Setelah beres pertandingan kami menuju pelabuhan Ketapang dengan berjalan kaki 5 menit juga sampai hehe, disana banyak calo yang nawar-nawarin tapi kami skip ae dan kami pun daftar data passenger dan nanti kita akan mendapatkan kartu sakti penyebrangan Ketapang - Gilimanuk

Backpacker ke Bali 2018
yeeee ane berhasil membawa pulang kartu ini
dan sekarang tersimpan rapi di dompet
Ketika masuk kapal ferry nanti kamu harus memberikan kartu itu sebagai tiket masuk kapal ferry, tapi ane mah kaga hahahahaha so lucky
Tapi sebelum masuk banyak calo-calo yang nawarin berangkat langsung ke terminal bali kisaran 40-50k
Ane disana bertemu teman-teman backpacker lainnya sekitar 8 orang teman baru yang masing2 semuanya ga kenal tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu pulau dewataaaaaaaaaaaaa! sambil menunggu calo calo menawarkan harga terbaik kami bersepuluh ngeroko bareng, walaupun ane ga ngeroko ya ngikut aja sosoan ngeroko pake sedotan hahaha ga deh becanda, ane ngikut nongkrong aja nemenin temen-temen lainnya ngeroko, baru ketemu tapi kaya udah kenal bertahun tahun dah! seruuuuu

beberapa temen lainnya deal dengan travel mobil APV kalo ga salah dengan harga - 50k sampai terminal ubung kalo tidak salah ya tapi namanya mobil beda dengan bis yang super cepat dan luas, ngerti lah gimana rasanya di APV sambil bawa tas berat2 banyakan pula
ya tapi ga bisa ngangkut semua sekaligus, temen-temen backpacker lainnya berkurang satu demi satu dan sisa ane terkahir, yah ane ga kebagian mobil tadi dan harus nunggu mobil datang, dan disana ada bis! oke jadi ane dan si bokir naik bis dan nego sampai akhirnya deal 40k dengan tujuan kata calonya mengwi kata kondekturnya ubung
Ga pake lama akhirnya ane naik bis itu dan bis itupun masuk kapal ferry

Backpacker ke Bali 2018 dari Bandung
penampakan kapal nya

Setelah di dalam ferry ane dan si bokir naik ke atas dan melihat pemandangan lampu lampu laut yeee seru, si bokir pun memesan kopi dengan harga 8k di dalam kapal  kita nongkrong diluar menghadap kelaut sambil ngobrol setelah 30 menit berlangsung dan akhirnya ane melambaikan tangan ke kamera "Anyiiiiing teu kuat lieur " mungkin kata itu yang terlontarkan pada saat itu, dan masuklah kedalam sambil jalan seperti orang mabok segalon alkohol, di dalam ane coba tidur di kursi kursi empuk kaya bioskop itu.
"Treng treng treng" suara bel pelabuhan..... wow tak terasa sudah sampai!!!!! tak pikir lama ane turun kebawah masuk ke bis sambil jalan ala Drunken Masternya Jackie Chan.


DAY 3 - Welcome to Bali
Tak terasa WIB sudah berganti menjadi WITA
Ya di hari ke 3 ini dimulai dari ane yang sedang di BIS, biasanya bis menempuh waktu 4-5 jam untuk sampai ke terminal tapi supir berkata lain, supir lulusan GTA ini pun gaspol abis!! bis pun meliak liuk seperti cacing kepanasan dan ane berdoa untuk selamat dari cacing kepanasan ini, biar ga tegang tidurlah ane daripada ngeri liatnya.....

03.00 WITA sampailah di terminal Mengwi, ya benar kata calo kita di turunin di mengwi, waktu kita turun banyak calo transportasi ke denpasar nawar nawarin malah sampe pegang-pegang tangan atau narik tangan


Calo : "De ayo denpasar" *sambil narik

Ane : "Wah engga mas mau ke depan aja"
Calo : "Lah emang mau kemana malem malem gini" *nada tinggi
Ane : "Lah kedepan lah mas mau nyari makan"

Ane jalan cepet biar cepet sampai jalan dan ternyataaaaa.... Sepi parah kiri kanan sawah

tapi si calo ini masih teriak-teriak nawarin, tips dari ane jangan lah nengok ke belakang, jangan juga main hp, lu sosoan tau jalan aja dengan percaya dirinya liat kedepan

Untungnya kita disana tengah subuh alias jam 03.00 WITA coba kalo agak siangan pasti rame tuh di kerumunin calo. Dari keluar mengwi belok kanan lurus terus hingga ada jalan lebih besar nah disana kita pesan grab lagi dan harga grab dari mengwi ke daerah ubung adalah 57k, oke ga masalah ada voucher ini hehehe (oiya sebelumnya ane udah stock nomor telepon banyak buat daftar grab gratisan hehehe)


Ya ane minta di turunin di mesjid yang orang bali bilang daerah kampung jawa, pantesan aja ane turun di mengwi emang kata super grab juga sekarang bis dari ubung dialihkan ke mengwi


Backpacker ke Bali 2018 dari Bandung


Sambil menunggu adzan subuh ane mandi dulu sambil ganti baju dan beres-beres tas, dan langsung melaksanakan ibadah solat.
Setelah solat di depan mesjid di kampung jawa ini ada warung dan disana ada nasi bungkus.... dengan Harga 5k isi ayam/daging sapi + mie, ane beli nasi bungkus 1 dan gorengan 1 total harga 7k dijamin kenyang dan halal!

Ane udah janjian sebelumnya dengan jasa sewa motorbike dengan harga 50k/hari tapi di salah satu website sewa motor bike memiliki promo dan ane dapat 30k/hari hahahaha so amazing.


Janjian jam 6 tapi sewa motor ngaret abisss, akhirnya ane pindah ke CK di depan pasar dan masih menunggu sewa motor datang, nah tidur2an di depan CK dan ane disamperin Bli asli bali ini dan ngobrol lah kita


Bli : "Dari mana mas ?"

Ane : "Bandung"
Bli: " Wah saya juga pernah ke Bandung"

Dan terjadilah ngobrol ngalor ngidul membahas ini itu seputar Bandung-Bali, dan dikasih lah tips tips kece ala Bli ini


Bli : "Yang bagus buat foto itu di bedugul tapi diatas tebingnya jalannya dari pura naik lagi ke atas belok kiri bla bla bla bla"

Ane : "oh gitu bli yang bagus lagi dimana ?"
Bli: " Bagus buat sunset di kedonganan di antara hotel anu terus kesana"

Mungkin kalo bli baca ini ane sangat berterimakasih tips tipsnya dan masukannya hehe.

Ga cuma itu ane dikasih tau juga tanggal yang bagus buat liburan ke bali, tanggal bali ga terlalu panas, seputar dunia malam bali, berapa harga yang worth it untuk suatu hal bahkan sampai nonton tari kecak gratis hahahahaha

08.00 NGARET!!!! ada miskom diantara kita, ane janjian dengan sewa motor jam 6 eh di jadwalin jam 8 pantes aja lama


Dan ga lama ada yg nganter motor setelah di telpon2 terus -___- kasih KTP dan tanda tangan untuk serah terima motor, isi full tank bensin dan langsung titip tas ke hotel


09.00 Check in hotel jam 14.00 jadi kita beres2 dulu barang apa aja yang mau dibawa dan apa yang dititip kan.


Schedule hari ini ke beberapa tempat yang ada di daerah utara pulau Bali niatnya dari terminal jam 6 kita langsung ke daerah utara tapi karna ngaret ya schedule berubah


09.30 Pergi ke Pura taman ayun, lumayan agak jauh dari kuta kurang lebih 50 menit kalo lancar


10.30 Sampai juga di pura Taman ayun.... foto dulu ah



Backpacker ke Bali 2018 dari Bandung
Cuma liat - liat pura doang sih
Harga Tiket 
Domes: 7k
Internasional : 20k

11.00 Otw Bedugul, Belum ke Bali kalo ga ke Ulun Danu

Perjalanan kurang lebih SEJAM dari Pura Taman Ayun, beberapa menit kita lancar tapi setelah lama kelamaan ngerasa ngantuk abis, gakuat, dan si bokir pun sama, Nyetir motor gantian sama-sama setengah ga sadar jadi kita ngobrol terus biar tetap konsen walaupun ngantuk berat.
Akhirnya kita nyerah juga, melipir ke warung yang di pinggir jalan ternyata jual nasi bungkus juga dan halan, akhirnya kita makan dan ga lupa juga minum kopi biar ga ngantuk, oiya di warung ini cukup enjoy dan sepi jadi ane bisa tidur dulu sebentar... ZzzzZzzzZzzz

11.45 Akhirnya melanjut kan lagi perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan.....

Ya sugesti kita adalah sebentar lagi bakal sampai, karna kalo liat maps sebenernya masih jauh tapi ga masalah..... kita ngobrol dan menikmati udara dingin daerah utara bali selama di perjalanan dan tidak terasa bukannya sampe tapi malah ngantuk lagi......

Dan kita sama ngerasa ngantuk lagi, jalan pelan-pelan dan makin hati-hati karena setengah ga sadar lagi tapi kita harus yakin dan berdoa semoga selamat sampai tujuan

12.30 Kurang lebih jam segini kita sampai... karena naik motornya sangat pelan

Parkir dibawah mesjid (biar murah) dan jalan kaki ke Pura Ulun Danu

Ternyata sekarang udah beda dengan tahun kemarin ane ke sini, wilayahnya diperluas dan lebih banyak taman,

Ane ga foto-foto karna agak penuh dan ane udah pernah hehe

TIKET:
25k
Parkir
5k
TOTAL 30k

13.30 Kita otw pulang, tapi mampir ke Tanah Lot

Badan udah lemes dan cape ngantuk pula... kita memutuskan pulang dan ga kemana - mana lagi, tapi sekalian ke Tanah Lot karna mumpung di daerah utara. dan next day kita ga akan ke daerah utara lagi

Perjalanan Ulun Danu - Tanah Lot menempuh waktu 1 Jam 40 Menit...Ya lama banget
Sama seperti sebelumnya kita berkendara dengan pelan yang penting selamat

15.30 Akhirnya sampai di tanah lot dan liat-liat bentar
Pertama masuk waktu mau bayar tiket tulisannya TIKET 40k ane sempet mau muter balik tapi di panggil bli penjaganya (mungkin karna tau baca harga tiket) dan dikasih tau bahwa tiket untuk domes hanya 20k, lanjut dah masuk....

Ombaknya sedang normal... waktu tahun kemarin ane kesini ombaknya lagi agak pasang

Backpacker ke Bali 2018 dari Bandung
Cuma ada foto ini, biarin lah ya

Karena ga begitu asik jadi ga lama kita cabut, alasan utamanya karna udah lelah parah

TIKET 
Domes 20K
Inter 40k


16.00 Otw Hotel daerah Kuta

Perjalanan dari Tanah Lot sampai ke hotel kurang lebih - 40 Menit
jalan pelan lagi

17.00 Akhirnya sampe hotel buru2 cekin dan tiduran

KETIDURAN

DAY 4 - Mantai
Dihari ke 2 dibali ini tujuannya adalah menulusuri pantai-pantai di daerah selatan, sengaja juga nyari hotel yang di daerah jimbaran biar kemana - mana dekat

08.00 Checkout - Otw Hotel Daerah Jimbaran

09.00 Sampe hotel, titip Tas
OTW Gunung Payung Beach
Perjalanan Jimbaran - Gunung Payung kurang lebih 35 menit

09.40 - Gunung Payung secret beach

Tempatnya sepi enak, ada karangya buat neduh pokonya mantap

*Fotonya yang dipake header blog ini

TIKET:

10k/orang

10.20 OTW PANDAWA
cukup 15 menit sampe

10.35 Pandawa
Kalo yang gamau nyewa kursi santai mending pake tikar dibawah karang


Backpacker ke Bali 2018 dari Bandung


Tiket
8k/orang
2k/motor

11.45 OTW GREEN BOWL BEACH
Cuma 15 menit lagi

12.00 Sampai Green Bowl
Baru aja parkir motor dan ane di BEGAL!!!!!!

Saku motor ane di korek-korek oleh makhluk tersebut dan mau ngambil Pocari Sweat!!!
Setelah berhasil mencegahnya eh si doi marah nyerang ane dan ane pun mundur ga berani mengambilnya.....

Si Begal itu pun dengan senangnya menguyup Pocari Sweat punya orang yang sedang haus-hausnya di tengah siang bolong

Ane abadikanlah foto begal tersebut biar ane lapor pihak yang berwajib


Backpacker ke Bali 2018 dari Bandung
Si begal lagi minum
Karena fotonya terlalu jauh, ane mencoba mendekat ke begal tersebut, dan ternyata ane diserang ke dua kalinya, untung aja ane punya bukti waktu penyerangan tersebut


Backpacker ke Bali 2018 dari Bandung
Si monyet nyerang kedua kalinya
bukan cuma pocari sweat, permen yang ada di saku motorpun di embat semua huh DASAR MONYET!!!

Tiket 5k / motor kalo ga salah

12.15 Balik ke hotel karena gajadi ke Green Bowl karena di tangga saat menuju pantainya banyak Begal yang sedang menunggu, karena shock jadinya pulang ke hotel deh

13.00 Beli makan buat siang dan nanti malem

14.00 Check In

16.00 Otw Dream Land
Ombak bagus buat surfing tapi ane ga main air, cuma menikmati pemandangan
Disini sunset bisa di 2 tempat
1. Diatas bukit
2. Di Pantai

Ane lebih milih dipantai karna enjoy, soalnya liat pemandangan dari atas ane udah pernah waktu taun kemarin hahaha

Beer small 40k

Tiket 5k kalo ga salah

 Sorry kawan-kawan ga ada fotonya, lupa save dari story ig


18.30 OTW HOTEL

19.00 Nonton TV nunggu GAME OF THRONES di HBO tapi ga mulai-mulai akhirnya renang dulu

20.00 Ane balik ke kamar dan nonton Game of Thrones Final Eps, Baru sadar jam tayang di bali berbeda karena WITA hehe

21.00 Makan malem, dan TIDUR


DAY 5 - Mantai PART II
Utara sudah, Selatan sudah, Hari ini kami coba mengexplore pantai - pantai daerah barat yang biasanya dipake nongki saat sunset


08.00 Check out hotel jimbaran, Otw Pindah hotel daerah kuta titip tas doang
09.00 Otw tujuan utama kita, Tegal wangi beach
Dan akhirnya sampai juga .......



09.50 Dijadwalkan sampai tegal wangi dari hotel hanya 30 menit tapi karna akses jalan yg sulit dan jeleknya sinyal untuk google maps, terpaksa waktunya menjadi lebih lama, apalagi banyak jalan tikus dan juga lewat perkampungan jadi lebih lama



Backpacker ke Bali 2018 dari Bandung
awal masuk tegal wangi

Di tegal wangi ini agak bahaya gan, kita jalan dipinggir jurang saat pertama masuk, dan untuk menuju pesisir pantai belum ada tangga, hanya ada karang curam yang sudah dibentuk tangga

Jangan coba renang ya, karena ombaknya ga terlalu besar tapi kenceng powernya, karena setelah pantai langsung dalem gan seperti ada cekungan gitu atau apa entah lah....

Tiket
GRATIS

11.00 Otw Bingin Beach
Di google maps hanya menempuh 30 menit

11.50 Lagi2 akses jalan sulit saat keluar dari kampung yang di daerah tegal wangi dan Google maps pun sedang tidak bersahabat

Saat baru sampai di Bingin Beach ada portal dan harus bayar tiket masuk, setelah masuk portal dan ternyata hanya gang2 kecil, akses jalan nya bener2 sulit, setelah mentok gang ternyata ga ada tempat parkir! ya disana tempat parkirnya private semua milik losmen dan surf store tertentu saja, setelah muter balik nemu juga parkiran umum, kalo ke lokal ga disuruh bayar parkir hehehe

Setelah ane jalan menelusuri gang bermodalkan petunjuk arah di dinding akhirnya ane liat pantainya juga..... oh iya gangnya hanya cukup 1 orang aja, jadi kita ngantri gitu ke belakang ya sangat sempit
Tapi..... Ane baru liat dari atas dan masih di gangnya, perjalanan menurunin anak tangganya sangat jauh tapi kaki udah gakuat dan akhirnya kita nyerah memutuskan untuk ke next place.

Udah kebayang gimana pantainya, yang pasti banyak yang berjemur, banyak yang surfing dan sepertinya pantainya rame sama bule!, karena banyak yang bulak balik bule semua ga ada pengunjung lokal dan di gang tersebut banyak surf store gitu lah

Tiket 
6k/orang kalo ga salah

Otw padang-padang, cuma 7 menit di google maps

12.30 Nyampe juga di padang-padang
Disini harus bayar tiket double
Bayar tiket parkir saat di tempat parkir
lanjut bayar tiket entrace di pintu masuk

Saat turun ke pantai kita harus melewati seperti goa sempit gitu pokonya, nah disana kita harus gantian antara yang naik sama yang turun, ya kaya jalur tutup buka puncak lah tapi ini turun tangga bukan naik kendaraan hahaha,

Setelah melewati goa tadi dan langsung terlihat hamparan pasir dan ombak......
Pantai  yang dipakai lokasi syuting film Hollywood Eat Pray Love, dibintangi Julia Robets ini ramai banget!!!
Banyak yang berjemur banyak yang nongkrong banyak yang main surfing, bahkan sangat minim jarak antara yang berjemur di pantai

Backpacker ke Bali 2018 dari Bandung
Foto tahun kemarin ane di padang-padang
Beda dengan tahun kemarin, hanya ada beberapa saja yang berjemur masih teritung jari tapi kalo sekarang udah banyak banget dan ga nyaman

Tiket
Parkir 2k/motor
Masuk 5k/orang

Bingin Beach sepertinya hampir sama kaya di padang-padang ini karena masih satu daerah dan sisi yang sama

12.45 Ane memutuskan untuk otw nyari makan siang sambil menunggu jam checkin hotel

14.00 Checkin, Nonton Indonesia memperebutkan juara 3 Sea Games, Tiduran

17.30 Karena hotel kita deket ke kuta cuma 5 menit naik motor, kita hari ini mau sunsetan di kuta aja yang deket hehe

18 lebih, Kita baru sampai kuta karna macet ga tahan padahal ga jauh loh, dan telat liat sunset cuma dapet dikit jadi kita memutuskan untuk santai dulu di kuta

19.00 Jalan lah kita dari kuta ke legian sambil liat-liat pedagang kaki lima yang jual oleh-oleh juga

Kita agak lama jalan-jalan, sambil beli bekal juga buat makan malam dan sarapan pagi jadi kita beli Mie, karna di hotel yang ini ada pemanas air hehehe

20.30 Pulang ke hotel, Rencananya nanti malem kita mau merasakan tengah malam di bali seperti apa

21.00 Tidur, dan rencana itu pun gagal


DAY 6 - Sisa - sisa mantai
Ya hari ke 4 ini rencananya kita ke tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi atau yang hari-hari sebelumnya ga keburu
kita memutuskan ke daerah Timur!!!

Rencanya jauh-jauh hari di hari ke 4 itu Sunrise di daerah timur, tapi... gravitasi kasur mengalahkan semuanya

Oiya kali ini kita ga pindah hotel lagi, alias extend di hotel ini lagi

11.00 @Nusa Dua
Awal masuknya bingung, ini parkirnya ngambil tiket engga, mobil ngambil tiket tapi motor depan ane nyelonong masuk, pas udah di dalem ane tanyain ternyata motor langsung bayar pas pulangnya aja tanpa ngambil tiket

Niatnya mau ke water blow malah ditutup yasudah jadinya keliling-keliling nusa dua liat pantai yang biasa aja

Harga parkirnya lupa, 5k kalo ga salah

12.15 Otw pantai geger

Pantai geger ini sangat dekat sama nusa dua, tapi jangan terkecoh oleh google maps, mending keluar komplek nusa dua dulu baru ngeMaps karena ane ngeMaps didalem malah ngaco suruh lewat hotel, ane masuk ke wilayah hotel eh dimarahi sama satpam dah jadinya diusir.

Jadi ane keluar dulu nusa dua lalu ngeMaps lagi pantai geger, ternyata ga jauh-jauh amat

12.30 @Pantai Geger

Pantainya bagus, luas dan bersih, airnya juga bersih tapi.....
ga ada tempat berteduh sama sekali, ga ada karang ga ada tebing, jadi yang kesana kalo mau teduh harus sewa payung, yang bawa tikar lipat kaya ane gini mah kepanasan :(

Bayar 5k kalo ga salah

13.00 Pulang hotel

Panas-panas gini enaknya renang di hotel

16.00 Otw Sunsetan @Double Six Beach

Jalan-jalan di pantai sambil nunggu sunset, santai di tikar sambil denger live music, liat baby crab berkoloni, nikmati hari terakhir sunset di bali

19.00 Beli oleh-oleh di Krisna
ane sih ga beli nganter aja


DAY 7 - Last Day in Bali - Malam takbir di Banyuwangi
Hari ini diawali dengan bangun agak siang jam 9 biar badan fit ga ngantuk saat perjalanan, packing, beres-beres, pastikan barang ga ada yang tertinggal

12.00 Checkout hotel

13.00 @KFC
beli rice box buat makan siang dan dibawa buat makan sore nanti di bus

14.00 @Terminal Ubung
Kita stay di ck dekat terminal ubung, karna mau balikin motor rental, selain itu biar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan jadi lebih safe ngembaliin motornya, selain itu di ck kita beli air mineral untuk bekal selama perjalanan pulang.

Setelah ngembaliin motor kita jalan ke dekat terminal ubung, kita nunggu angkutan yang lewat bukan di dalam terminalnya tapi diluar terminal a.k.a di sekitar terminal arah bus berangkat dan betul, ada mobil model mini bus lagi diem dan penumpangnya cuma seorang, Yeay bebas milih tempat duduk

Mini Bus / Mobil Travel Ubung-Gilimanuk 50k


Backpacker ke Bali terbaru

Kita melewati track pinggir pantai, jadi kita bisa liat-liat pantai dari bus

17.00 @Gilimanuk
Kali ini kita sunsetan di kapal laut wuuu seru lah bagus juga pemandangannya

18.00 @Banyuwangi
Dari pelabuhan ketapang kita jalan lagi menuju warung yang sama saat kita pergi, makan malam, minum tolak angin biar ga kembung.

Kita disini selama 3 jam, karena kereta ke surabaya berangkat jam 10.  Selama nunggu kita jalan-jalan di sekeliling stasiun dan liat-liat sapi di mesjid... Oiya malam ini malam takbiran biasanya bareng teman-teman rumah takbiran sekarang di kota orang jauh dari keluarga :'(

21.15 @Stasiun Banyuwangi Baru

Kali ini naik kereta bisnis, karna ekonomi udah abis


DAY 8 - Idul Adha di Surabaya
05.00 Sampai di Stasiun Gubeng
Sesampainya di surabaya kita langsung makan di warnas dan sedikit tidur. Terdengar jelas suara takbir yang menemani pagi.

06.00 Cari makan dan Bekal

07.00 Kembali ke stasiun
Ya kita melewati solat ied dengan mencari makan dan bekal buat perjalanan 15jam dikereta

08.00 Kita udah di kereta
Di kereta suasananya kaya lebaran, banyak yang bawa kardus, bawa makanan kaya yang pada mudik, dan disana ane baru tau gimana rasanya mudik....

Oiya hari ini semua keluarga ane udah pada ngumpul, tinggal ane aja yang masih di perjalanan pulang.
Saat ane idul adha di surabaya, kakak ane yang kerja di Surabaya malah sudah dibandung dari hari sebelumnya via udara, ya bumi emang berputar hahahaha

23.30 @Stasiun Kiaracondong - Bandung
Allhamdulillah sampe dengan selamat, pesan grab dan cussss menuju rumah



Itenerary

Day 1

Ubung
Taman Ayun
Alas Kedaton
Ulun Danu
Tanah Lot
Batu Bolong
Kayu putih
Sunset Kuta

Day 2

Gunung Payung
Pandawa
Green bowl beach
Melasti beach
sunset Dream Land

Day 3

Sunrise Sanur
Tegal Wangi
Balangan
Bingin
Padang2
Bluepoint
Sunset Uluwatu

Day 4

Pantai2 yang ga keburu diatas
bisa ke daerah ubud beli oleh-oleh di Sukowati
Fleksibel lah
Sunset Double Six Beach

*ane ga matok jam dan waktu di itenerary, karna kalo nyaman ya stay, kalo engga ya cabs, jadi sans aja nikmatin perjalanan jangan buru-buru kejaran sama waktu



Biaya dan Perjalanan

Jadwal sudah diatur se efektif mungkin dari bandung- sampai bali, dan semurah mungkin, harap teman - teman yang diluar bandung dapat menyesuaikan. 

Note : 

  • Tabel Biru = Biaya yang saya keluarkan
  • Tabel Hijau = Biaya Normal / Seharusnya, tanpa promo dll

Pergi
KA KAHURIPAN (EKO)
Kiaracondong (Bandung) 18:10 - Lempuyangan (Yogyakarta) 02:40

Free di Yogya 02:50 - 06:00

KA Sri Tanjung (EKO)
Lempuyangan(Yogyakarta) 07:00 - Banyuwangi baru(Banyuwangi) 20:50

Jalan ke Pelabuhan Katapang (5 menit)

Daftar sebagai penumpang kapal
Kapal 24 Jam(Setiap 10 menit sekali)

Naik travel bisa dari katapang atau setelah sampai gilimanuk
saran ane ketika di katapang kalo udah ada yang ngasih 50k sampai ubung mending ambil aja
inget ya turun di ubung jangan di mengwi.

Naik kapal ketapang - gilimanuk (1 jam)

Gilimanuk - Ubung (3 s/d 5 jam tergantung kondisi jalan dan supir)

Sampai terminal Ubung
Ketika sampai ubung, saran saya kamu sudah janjian dengan jasa sewa motor di waktu yang diperkirakan sampai ubung, jadi kamu langsung cus pake motor atau bisa tidur di mesjid sampai pagi


Pulang
Terminal Ubung - Gilimanuk (3 sampai 5 jam)

Gilimanuk - Katapang (1 jam)

KA MUTIARA TIMUR MALAM (BIS)
Banyuwangi Baru(Banyuwangi) 22:00 - Surabaya Gubeng(Surabaya) 04:17

Free di surabaya 04:20 - 07:10

KA PASUNDAN (EKO)
Surabaya Gubeng(Surabaya) 08:10 - Kiaracondong(Bandung) 23:25


*Waktu saat berangkat hingga sampai kereta api diambil dari https://tiket.kereta-api.co.id/


Perjalanan ane
Backpacker ke Bali terbaru
Normal / Seharusnya
Backpacker ke Bali terbaru


Penginapan dan Sewa Motor

Backpacker ke Bali terbaruBackpacker ke Bali terbaruBackpacker ke Bali 2018



Usahakan dulu cari promo atau hotel murah, kalo udah mentok baru ke pilihan terakhir yaitu losmen
Losmen di daerah Poppies Lane 1 & 2 Kisaran harga normalnya 50 s/d 70 perOrang bukan perRoom
di Losmen arthawan 50k seorang / hari, fasilitas tidak ada tv hanya kipas angin, Sudah termasuk sarapan
atau bisa juga di BedBunker untuk backpacker, masih banyak pilihan lain


Sewa motor hubungi 2 minggu sebelum ke bali kamu pasti dapat yang harganya 50k/hari kalo sudah dekat-dekat dengan hari h normalnya 50-70k /hari

Perjalanan Ane
Backpacker ke Bali dari Bandung
Backpacker ke Bali dari Bandung
Normal / Seharusnya
Backpacker ke Bali dari Bandung
Backpacker ke Bali dari Bandung






Makanan


Nasi bungkus 5k-6k/bungkus isi nasi,mie,tempe. Kalo mau kenyang beli 2 bungkus atau + gorengan
Pop mie - harga normal kalo beli di warung / mini mart jalan biasa, kalo di legian agak beda
Mie Instan - sama kaya popmie
Rice Box KFC - 15k

Warung Nasi Halal
Nasi - 4k
Ayam - 8k
Perkedel kentang - 2k
Perkedel jagung - 1k
Tempe - 1k
Tahu - 1k
Kikil - 5k


TOTAL


Perjalanan Ane

Backpacker ke Bali


Normal / Seharusnya
Backpacker ke Bali

Note: Total biaya diatas belum termasuk makan, tax bayar tiket via alfamart dan administrasi lainnya



Gabung group backpacker ke Bali untuk sharing info dan pengalaman


Group dengan member 150an ini kini sudah tiada, gara-gara kickers tidak bertanggung jawab
Oleh karna itu saya buatkan group baru, semoga bermanfaat
Group Backpacker Bali 2019


Silahkan komentar dan bertanya jika ada yang belum paham atau bingung



“Remember that happiness is a way of travel – not a destination.” – Roy M. Goodman 

 Tags : Backpacker ke bali, Backpacker bali, Backpacker bandung bali, Backpacker ke bali 2018 Backpacker bandung bali 2018 Backpacker dari Bandung ke Bali, Backpacker ke Bali terbaru :)